Faculty of Social and Political Science

Akuntansi

E-mail Cetak PDF


LATAR BELAKANG

Program studi Akuntansi dibuka berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 315/E/O/2012 tanggal 15 September 2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi Akuntansi (S1) pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nusa Cendana.

 

VISI, MISI dan TUJUAN

Program Studi Akuntansi FISIP Universitas Nusa Cendana memiliki Visi: “Sebagai pusat pendidikan dan penelitian unggulan dalam bidang Akuntansi yang bermutu serta pengembangan sumberdaya manusia yang berwawasan global.”

 

MISI :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan program pendidikan yang menghasilkan lulusan yang berkemampuan analitik dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) secara profesional, bermoral, dan menjunjung tinggi etika keilmuan.
  2. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkompeten dan mampu menjawab tantangan akan pemenuhan kebutuhan tenaga akademis dan profesional di bidang akuntansi.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu Akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
  4. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat untuk menerapkan IPTEK hasil pendidikan dan penelitian melalui aplikasi dan pemanfaatan ilmu akuntansi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  5. Menyelenggarakan pembinaan kepada mahasiswa agar mampu mengimplementasikan dan mengembangkan ilmunya dimasyarakat.
  6. Mengembangkan sistem manajemen kelembagaan yang sehat, dinamis, dan profesional secara efektif dan efisien.
  7. Mengembangkan dan membina hubungan kerjasama kemitraan dengan para pemangku kepentingan pada jenjang lokal, nasional dan internasional.

 

TUJUAN :

  1. Mendidik mahasiswa untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, cerdas, etis, inovatif, dan kompetitif yang memiliki kompetensi untuk jabatan karier akademik dan profesional.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan.
  3. Menganalisis dan membantu solusi masalah akuntansi yang dihadapi masyarakat.
  4. Mampu mengembangkan penampilan profesionalnya dalam spektrum yang lebih luas dan dapat merumuskan pendekatan-pendekatan bidang ilmu akuntansi melalui pengabdian masyarakat terhadap berbagai masalah kemasyarakatan.
  5. Melakukan pembinaan kemahasiswaan yang menunjang penerapan ilmu akuntansi.
  6. Menghasilkan kinerja sistem manajemen akademik dan non akademik yang berkualitas, profesional dan etis, secara efisien dan efektif.
  7. Menghasilkan kerjasama kemitraan yang harmonis dan bermanfaat untuk Program Studi Akuntansi dengan para pemangku kepentingan.

 

KONSENTRASI PROGRAM STUDI

  1. Akuntansi Keuangan. Menghasilkan sarjana lulusan akuntansi dengan konsentrasi akuntansi keuangan yang handal dan kompeten yang mampu bersaing untuk menjadi pemeriksa laporan keuangan, penilai kinerja perusahaan maupun sebagai pembuat laporan keuangan perusahaan.
  2. Akuntansi Manajemen. Menghasilkan sarjana lulusan akuntansi dengan konsentrasi akuntansi manajemen yang handal dan kompeten yang mampu bersaing untuk menjadi pembuat laporan keuangan perusahaan, penilai kinerja perusahaan untuk pengambilan keputusan pihak manajemen.
  3. Akuntansi Sektor Publik. Menghasilkan sarjana lulusan akuntansi dengan konsentrasi akuntansi sektor publik (akuntan pemerintah) yang handal dan kompeten yang mampu bersaing untuk menjadi pembuat laporan keuangan pemerintah daerah dan pusat di sektor pemerintahan, penilai kinerja pemerintahan, dan pertanggung jawaban pemerintah daerah ke pusat.
  4. Auditing. Menghasilkan sarjana lulusan akuntansi dengan konsentrasi Auditing yang handal dan kompeten yang mampu bersaing untuk menjadi pemeriksa baik internal maupun eksternal keuangan pemerintah dan bisnis.

 

KOMPETENSI LULUSAN

  • Kompetensi Utama :
  1. Mampu meningkatkan pelayanan profesi melalui penelitian, pengembangan dan partisipasi dalam ilmu Akuntansi.
  2. Mampu mengembangkan penampilan profesionalnya dalam spektrum yang lebih luas dan dapat merumuskan pendekatan-pendekatan Bidang Ilmu Akuntansi melalui penalaran ilmiah terhadap berbagai masalah kemasyarakatan.
  3. Mempu mengembangkan konsep baru dalam bidang ilmu Akuntansi, mampu melaksanakan mengorganisasi dan memimpin Program Penelitian serta Pendekatan Ilmiah dan disiplin ilmunya secara profesional.
  • Kompetensi Pendukung :
  1. Mampu mengikuti dan memahami perkembangan dan permasalahan kajian keilmuan akuntansi dengan mencermati perubahan lingkungan ekonomi dan bisnis baik di tingkat global, nasional maupun regional, sehingga lulusan akuntansi memiliki kemampuan akuntansi yang mutakhir dan mampu bersaing di dalam bursa tenaga kerja baik di dalam maupun luar negeri.
  2. Mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan yang selalu berubah.
  3. Memiliki semangat untuk bekerja keras.
  4. Memiliki etika bisnis yang baik.
  5. Memiliki wawasan yang luas.
  6. Mampu berbahasa Inggris yang baik sebagai pendukung daya saing dalam penginisiasi dan pengembangan karier, dan dalam menginisiasi  aktivitas/ operasionalisasi bisnis sendiri dalam konteks nasional dan global;
  7. Memiliki ketrampilan berkomunikasi dan berorganisasi dan mempunyai kemampuan beradaptasi dengan perubahan budaya dan lingkungan.
  • Kompetensi Lainnya :
  1. Memiliki penguasaan standar akuntansi yang baik.
  2. Memiliki penguasaan teknik audit yang baik.
  3. Memiliki penguasaan teknik akuntansi manajerial yang baik.
  4. Memiliki penguasaan standar akuntansi pemerintahan dan audit sektor publik dengan baik.

 

PROFIL KEMAMPUAN LULUSAN

Para lulusan Program Studi Akuntansi diharapkan:

  1. Mampu meningkatkan pelayanan profesi melalui penelitian, pengembangan dan berpartisipasi dalam Ilmu Akuntansi.
  2. Mampu mengembangkan penampilan profesionalnya dalam spektrum yang lebih luas dan dapat merumuskan pendekatan-pendekatan Bidang Ilmu Akuntansi melalui penalaran ilmiah terhadap berbagai masalah kemasyarakatan.
  3. Mampu mengembangkan konsep baru dalam bidang Ilmu Akuntansi, mampu melaksanakan, mengorganisasi dan memimpin Program Penelitian serta Pendekatan Ilmiah dan disiplin ilmunya secara profesional.

 

PROFIL LULUSAN

1.    Akuntan Publik
Akuntan Publik memegang peranan penting dalam memastikan proses pertanggungjawaban sumber daya keuangan perusahaan atau pemerintahan sesuai dengan aturan yang berlaku. Di Provinsi NTT belum ada Kantor Akuntan Publik yang berdiri sendiri dari tenaga auditor (akuntan publik) masih menggunakan tenaga ahli dari luar daerah. Hal ini menyebabkan biaya audit menjadi sangat besar yang dikeluhkan oleh banyak lembaga yang memerlukan jasa akuntan publik. Oleh karena itu sangat penting bagi lulusan program studi akuntansi untuk menguasai standar akuntansi dengan benar dan teknik audit yang benar. Dalam hal ini penguasaan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia, dan kemampuan Auditing harus dimiliki oleh lulusan program studi Akuntansi Universitas Nusa Cendana.

2.    Akuntan Manajemen
Akuntan manajemen dibutuhkan oleh perusahaan baik yang dimiliki swasta maupun pemerintah. Akuntan manajemen berfungsi untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan manajerial. Semakin handal informasi dapat dibuat maka diharapkan keputusan yang diambil juga lebih dapat bermanfaat bagi pengambilan keputusan manajemen perusahaan. Jika suatu perusahaan dapat mengambil keputusan taktis dan strategis dengan benar diharapkan perusahaan akan semakin maju. Majunya sektor swasta akan mendukung terciptanya lapangan kerja dan kenaikan pendapatan negara melalui pajak. Oleh karena itu, penguasaan akuntansi manajerial bagi lulusan program studi Akuntansi Universitas Nusa Cendana menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan.

3.    Akuntan Pemerintah
Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada sektor publik. Akuntan sektor publik ini fungsi utamanya adalah mempertanggungawabkan keuangan daerah / negara sesuai prosedur yang benar, menjaga asset daerah dan mengoptimalkan fungsinya untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya akuntan pemerintahan yang handal diharapkan pertanggungjawaban keuangan negara semakin transparan, korupsi dapat dicegah dan asset negara dapat terjaga dengan baik. Oleh karena itu lulusan prodi akuntansi Universitas Nusa Cendana juga diharapkan memiliki kompetensi yang memadai dibidang akuntansi sektor publik.

4.    Akuntan Pendidik
Profesi pendidik adalah profesi yang senantiasa dibutuhkan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidik adalah mereka yang senantiasa mau belajar, melakukan penelitian dan membagi ilmu yang didapatnya kepada peserta didiknya. Akuntan pendidik mutlak diperlukan demi kesinambungan proses pembelajaran. Profesi akuntan pendidik ini tidak hanya sangat dibutuhkan oleh Universitas Nusa Cendana sendiri namun juga lembaga pendidikan lainnya seperti SMU maupun SMK. Dengan sifatnya yang harus senantiasan menyesuaikan diri dengan perkembangan, pendidik yang baik harus memiliki kemauan keras untuk terus menerus belajar.

BEBAN SKS DAN LAMA STUDI

Beban studi yang harus ditempuh dalam program studi akuntansi sekitar 145 – 160 sks (satuan kredit semester), ditempuh dalam waktu 8 – 14 semester.