Faculty of Social and Political Science

Ilmu Administrasi Negara

 

LATAR BELAKANG

Jurusan Ilmu Administrasi Negara Kelas Reguler hadir bersamaan dengan berdirinya Universitas Nusa Cendana pada tahun 1962 di bawah Fakultas Ketatanegaraan Ketataniagaan (1962 -1967), Fakultas Ketatanegaraan Ketataniagaan dan Hukum (1967-1982), Fakultas Ilmu Administrasi (1982-1997) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1997-sekarang).

Sejak tahun 1998 FISIP membuka Jurusan Ilmu Administrasi Negara kelas Ekstensi (kuliah sore) dengan kelas paralel. Kelas ekstensi disediakan khusus bagi calon mahasiswa yang telah bekerja baik di instansi pemerintah, swasta maupun LSM. Jurusan ini sejak dibuka hingga sekarang telah meluluskan banyak sarjana termasuk sarjana produk kelas ekstensi.

Lulusannya kini telah bekerja di berbagai instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar NTT. Kemampuan lulusan telah teruji dalam berbagai bidang terutama di bidang pemerintahan (birokrasi Pemerintah) maupun dibidang politik. Model kurikulum berbasis kompetensi dengan jumlah dosen berkualifikasi S3 dan S2, Jurusan Ilmu Administrasi Negara Kelas Reguler dan Kelas Ekstensi menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2009/2010.

 

TUJUAN

Menjadikan calon sarjana yang berkualitas, inovatif, profesional, etis, dan bertanggung jawab. Dengan kualifikasi ini Anda diharapkan dapat menerapkan dan memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat.

 

SPESIFIKASI LULUSAN

  • Lulusan memiliki kualifikasi di bidang :
  1. Administrasi Pembangunan : memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah manajemen pembangunan.
  2. Kebijakan Publik : memiliki kemampuan dalam merumuskan, menganalisis, mengimplementasi dan mengevaluasi kebijakan publik.
  3. Manajemen Sumber Daya Manusia : memiliki kemampuan dalam merencanakan, memberdayakan dan mengukur kinerja sumber daya secara tepat.
  • Lulusan jurusan Ilmu Administrasi Negara bergelar Sarjana Sosial (S.Sos).

 

BEBAN SKS DAN LAMA STUDI

Program S1 dapat ditempuh dalam waktu 8-14 semester. Beban studi keseluruhan adalah 155 sks (satuan kredit semester) termasuk skripsi.

 

PERSYARATAN

  1. Lulusan SMA/MA atau sekolah-sekolah sederajat.
  2. Lulus ujian saringan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).
  3. Sehat jasmani dan rohani.

 

 

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter