16 Dokter Lulusan Undana Harus Berdampak bagi Masyarakat

Kupang – Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH), Universitas Nusa Cendana (Undana) kembali melepas 16 dokter muda. Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dokter dilakukan di Aula Rektorat, Kamis (2/2/2023) pagi.

Pelantikan tersebut dilakukan Dekan FKKH, Dr.dr. Christina Olly Lada, M.Gizi. Sementara pengukuhan dilakukan oleh para rohaniawan Kristen Protestan, Katolik dan Islam.

Hadir mewakili Rektor Undana, Wakil Rektor (WR) Bidang Akademik, Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M.Si. Hadir pula WR Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, para wakil dekan dan anggota senat FKKH, serta para orangtua/wali Dokter Muda.

WR Bidang Akademik Undana dalam sambutannya mengatakan selamat atas pengambilan sumpah dan pelantikan 16 dokter muda. Menurutnya, pelantikan dokter ini sejalan degan cinta-cita Undana untuk memberi dampak bagi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Tugas kami sudah selesai, mengantar adik-adik sampai di sini, tetapi sebenarnya proses belajar akan terus berjalan sepanjang hayat. Universitas yang sesungguhnya adalah di tengah masyarakat. Ini saatnya adik-adik melayani dan berdampak bagi NTT,” ujarnya.

Menurut WR I Undana, ini adalah waktu bagi para dokter untuk melayani. Sebab, Provinsi NTT sangat membutuhkan peran dan dedikasi yang tulus untuk melayani. “Jangan lupa bahwa itu semua adalah karunia Tuhan. Selamat melayani, berkarya dan memberi dampak bagi masyarakat,” tukasnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan terima kasih kepada para orangtua yang sudah mempercayakan anak-anak untuk belajar di Undana. Hal yang sama disampaikan kepada berbagai pihak terutama mitra FKKH. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dekan FK periode 2008-2014, A. A. Heru Tjahyono, Sp. OG dan Dekan FK periode 2014-2021, dr. S. M. J. Koamesah, MMR.,MMPK.,FISPH.,FISCM, atas dedikasi dan peran bagi FKKH untuk semakin berkembang.

Para orangtua/wali ketika menghadiri acara pengambilan sumpah dan pelantikan 16 Dokter Muda di Aula Rektorat Undana, Kamis (2/2/2023) pagi.

Dekan FKKH Undana, Dr. dr. Christina Olly Lada, M.Kes dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan 16 dokter, yang berhasil dilantik. Ia menyebut, pada hasil Ujian Kompetensi Mahasiswa Profesi Pendidikan Dokter (UKMPPD) November 2022 lalu, 16 mahasiswa FKKH berhasil lulus 100 persen. “Selain kita bersyukur, kita juga apresiasi kepada dokter yang telah berjuang sungguh-sungguh. Melalui UKMPPD Kita buktikan bahwa proses seleksi penerimaan mahasiswa kedokteran di Undana memang sangat ketat. Sebuah input yang bagus, maka output-nya juga bagus. Secara nasional, kualitas dokter kita diakui,” ujar Dekan FKKH sumringah.

Oleh karena itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Undana, yang telah mempertahankan kualitas seleksi sesuai jaminan mutu yang ada.

Dr. Christina mengatakan, pada pelantikan ke-35 ini, Prodi Kedokteran, FKKH telah melepas 402 lulusan. “Ini adalah kontribusi Undana bagi pembangunan NTT, karena masalah kesehatan di NTT cukup kompleks. Dan, sejauh ini memang kepercayaan masyarakat terhadap dokter kita cukup baik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Dr. Christina meminta dukungan semua pihak, karena FKKH saat ini sedang berupaya meningkatkan jumlah sarana dan prasarana, meningkatkan jumlah dan kualitas pengajar, khususnya dokter. Selain itu, perjuangan untuk meningkatkan akreditasi unggul pun saat ini tengah dilakukan.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anak-anak untuk kuliah di FKKH Undana. Hal yang sama disampaikan kepada Rumah Sakit dan Puskesmas mitra yang telah membantu para dokter. Begitupun dengan pimpinan tingkat Rektorat Undana.

Sementara itu, Ir. Jahur Donatus, perwakilan para orangtua/wali Dokter Muda, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada pimpinan Undana, khususnya FKKH. Hal yang sama juga disampaikan kepada mitra Rumah Sakit maupun Puskesmas, tempat dimana putra/putri – para dokter muda melakukan praktik. Sebagai orangtua, dirinya sangat bersyukur atas peristiwa pengambilan sumpah dan pelantikan dokter muda. Ia berharap, para dokter muda dapat menggunakan kecerdasan yang telah diperoleh di kampus untuk melakukan pengabdian. (rfl)

FOTO-FOTO

Comments are closed.
en_USEnglish