SEJARAH FISIP UNDANA

Universitas Nusa Cendana (Undana) didirikan pada tahun 1962 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) No. 111 tahun 1962. Fakultas-fakultas yang dibuka pada awalnya Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan (FKK, 1962), menyusul Fakultas Peternakan (1964), berikut IKIP Malang Cabang Kupang yang kemudian dilebur dan diintegrasikan ke dalam Undana menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP, 1964). Pada tahun 1982 dikembangkan lagi Fakultas Hukum (FH), selanjutnya menyusul tahun 1983 Fakultas Pertanian (Faperta), Fakultas Sains dan Teknik (FST), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Kedokteran (FK) pada tahun 2008, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) pada tahun 2010 dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) pada tahun 2013.

FKK Undana dalam perjalanannya mengalami pergantian nama beberapa kali. Pada tahun 1976 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 062/0/1976 FKK dirubah namanya menjadi Fakultas Ketatanegaraan, Ketataniagaan dan Hukum (FKKH) berkenaan dengan diintegrasikannya Fakultas Hukum Berdikari (Swasta) yang dibina oleh Pemerintah Daerah Tingkat I Nusa Tenggara Timur (NTT) ke dalam lingkungan Undana. FKKH memiliki tiga jurusan/departemen yaitu Departemen Ketatanegaraan, Departemen Ketataniagaan dan Departemen Hukum.

Pada tahun 1982 FKKH dikembangkan lagi menjadi dua fakultas yakni Fakultas Hukum dan FKK, yang mengalami pergantian nama menjadi Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) sesuai Surat Keputusan Presiden No. 72 tahun 1982. Pada tahun 1982 FIA memiliki dua Jurusan, yakni: 1) Jurusan Ilmu Administrasi Negara; dan 2) Jurusan Ilmu Administrasi Niaga. Pada 1983 dalam lingkungan FIA dikembangkan lagi Jurusan Sosiologi. Pada tahun 1997 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 045/F/0/1997 nama FIA dirubah menjadi FISIP.

FISIP Undana pada tahun 2013 membawahi 7 jurusan, yakni Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurusan Akuntansi dan Jurusan Ilmu Ekonomi Pembangunan. Pada tahun 2013, tiga jurusan yang bernaung dibawah FISIP yaitu Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan bergabung menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Semua jurusan di FISIP Undana berjenjang pendidikan sarjana (S-1), yang mempunyai beban studi 143 s/d 1149 SKS dengan lama studi antara 8 s/d 10 semester. Sedangkan, program strata dua (S-2) Ilmu Administrasi, berada dibawah pengelolaan Program Pascasarjana (PPS-Undana).

Jurusan-jurusan yang ada selain mengembangkan program reguler, yang proses belajar mengajarnya dilangsungkan pada pagi hari, juga memperluas kapasitasnya dengan membuka program non-reguler untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat peminat yang sudah bekerja mengenyam pendidikan tinggi. Program non-reguler berada pada tiga jurusan, yaitu Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis dan Jurusan Sosiologi. Ketiga jurusan juga berjenjang pendidikan Sarjana (S-1) yang kegiatan proses belajar mengajarnya dilangsungkan pada sore dan malam hari. Penyelenggaraan proses belajar mengajar Program Non-reguler FISIP Undana diberlakukan sama, baik kurikulum maupun hal-hal akademik lainnya dengan program reguler.

Selain program reguler dan non Reguler, mulai tahun ajaran 2013/2014 empat jurusan di FISIP yaitu Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Bisnis, Sosiologi, dan Komunikasi mendapat kesempatan untuk membuka program Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Ngada dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Pada saat ini lima jurusan, yaitu Jurusan Ilmu Adminisrasi Negara, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Jurusan Sosiologi, Jurusan Ilmu Komunikasi dan Jurusan Ilmu Politik memiliki Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi, FISIP mengemban tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi melalui suatu sistem manajemen profesional untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermutu untuk menunjang kegiatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

 

bagikan artikel di

FacebookLinkedinTwitter