Kuliah umum Publik Server Leadership

Program Studi Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana mengelar Kuliah Umum, Selasa, 01 November 2022 di Aula lt. 3 Program Pascasarjana Undana. Sambutan dan pembukaan oleh Koordinator Prodi Magister Ilmu Administrasi, Dr. Ajis S. A. Djaha, M.Si, dan pengalungan selempang sebagai ungkapan selamat datang kepada Narasumber.

Tema kuliah umum “Publik Server Leadership” dan sebagai narasumber Prof. Dr. Abdul Juli Andi Gani, MS, Beliau adalah dosen dari Universitas Brawijaya. Prof Abdul mengatakan bahwa Kritik good governance mengacu pada tata kelola pemerintahan yang baik dan hanya diukur berdasarkan capaian kinerja pembangunan ekonomi, pendekatan tata kelola pemerintahan yang cenderung mengabaikan konteks sosial, budaya pada negara yang bersangkutan, dan menggugat keberadaan parameter yang cenderung bersifat satu untuk semua dalam evaluasi tata kelola yang universal. Kompleks permasalahan yang dihadapi oleh setiap pemerintahan dari berbagai negara dewasa ini, mengindikasikan bahwa good governance dan good policies saja tidak cukup, tantangan era milenial yang paling penting adalah “dynamic, cut across many decisions, involve the need for continuous learning, and rest on effective and rapid implementation (neo & chen, 2007), konsep dynamic governance menjadi tren yang dianggap dapat menjawab tantangan yang dihadapi oleh pemerintah di berbagai negara. Selain pemaparan materi kuliah umum, juga dibuka sesi diskusi untuk 4 orang penanya, 2 mahasiswa dari Program Studi Magister Ilmu Administrasi dan 2 Mahasisawa dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara, dalam diskusi ini, para mahasiswa menyampaikan persoalan-persoalan yang dihadapi di berbagai daerah yang ada di NTT.

Pada akhir kuliah umum ini, Prof. Abdul, menyanyikan sebuah lagu yang sangat merdu dengan judul kemesraan – Iwan Fals. Semoga kemesraan ini janganlah cepat berlalu, tetapi waktu jualah yang memisahkan. Para mahasiswa mempunyai harapan lewat kuliah umum ini mereka dibekali dengan pengetahuan menjadi seorang pemimpin, agar kedepannya jika menjadi seorang pemimpin, mereka dapat memimpin daerah dan Propinsi ini dengan baik. (mk)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *