Lomba Debat dan Pidato Ilmiah antar Program Studi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undana

Fisip Undana mengelar lomba debat dan pidato ilmiah antar Progam Studi Se-Fisip Undana, Jumat, 21 Oktober 2022 di Aula lt. II. Sambutan dan pembukaan oleh  Wakil Dekan II  Dr. Mas’amah, M.Si, turut hadir Kabag Umum Djibrael Rakke, SH. MH, Koordinator Kepegawaian, Keuangan, Umum dan Perlengkapan Oscar Naben, ST, M.Si, dari Tim Juri Frans Muskanan, S.Sos., M.Si, Yohanes Jimmy Nami, S.Ip., M.Si, Abner P. R. Sanga, S.Sos., M.Si, Maria V. D. P. Swen, S.Sos., M.Ked.Kom dan para mahasiswa peserta lomba debat dan pidato. Sub tema lomba pidatonya adalah Arah Politik Luar Negeri Indonesia, Human Trafficking, Stabilitas Harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Fungsi dan Peran Partai Politik, Kebijakan Pendidikan di Indonesia, dan Tata Kelola Pemilu di Indonesia.

Debat berlangsung dengan di awali oleh tim dari Prodi Administrasi Negara melawan Sosiologi dengan tema komunikasi politik pejabat publik. Tim Administrasi Negara sebagai pihak pro di wakili oleh pembicara I atas nama Tri Laka, Pembicara II Arsi dan Pembicara ke III Bofi. Dari Sosiologi di wakili oleh pembicara I atas nama Pedro, Pembicara ke II Bona  dan Pembicara ke III Egla. Adapun dalam perdebatan tim pro mempertahankan argument mereka dengan alasan komunikasi politik akan mempengaruhi prespektif masyarakat karena akan ada pendapat bahwa apakah komunikasi politik itu sesuai dengan aspirasi masyarakat. Sedangkan dari tim kontra mempertahankan argument mereka dengan alasan tidak setuju karena menemukan beberapa fakta dari para pejabat politik menggunakan bahasa daerah di dalam ruangan saat rapat.

Tujuan dari kegiatan ini untuk menggali potensi mahasiswa dalam menyampaikan pendapat atau pemikirannya, meningkatkan rasa percaya diri, dan lain sebagainya sehingga dengan potensi yang ada mahasiswa dapat bersaing dan ikut berkompetisi dengan mahasiswa dari universitas lain pada tingkat nasional, maupun internasional. (mn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *