Menakar Persoalan Relasi Politik Administrasi di Indonesia

Program Studi Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nusa Cendana mengelar Webinar Nasional secara online, Jumat, 11 November 2022 melalui media zoom, bertempat di Lt.2 Program Pascasarjana Undana.
Sambutan dan pembukaan oleh Koordinator Prodi Doktor Ilmu Administrasi, Dr. Laurensius. P. Sayrani, MPA. Peserta webinar kali ini yakni: mahasiswa Program S-1 Prodi Ilmu Administrasi Negara, S-2 dan S3  Ilmu Administrasi Fisip Undana.
Webinar Nasional dengan tema Menakar Persoalan Relasi Politik Administrasi di Indonesia dan sebagai Narasumber Dr. Mada Sukmajati, MPP, Dosen DPP FISIPOL UGM; dan Dr. Dwiyanto Indiahono, M.Si, Dosen FISIP UNSOED dan sebagai moderator Alfred O. Ena Mau, S.Sos., M.Si mahasiswa S3 Ilmu Administrasi Fisip Undana.

Relasi antara politik dan administrasi atau dalam hal ini birokrasi tidak dapat dipisahkan, relasi antara politik dan administrasi tidak selamanya berjalan merata, ada saatnya politik memiliki peran lebih dan ada saatnya administrasi/birokrasi yang berperan lebih. Berbicara soal politik, tidak selalu berhubungan dengan legislatif dan eksekutif. Persoalan/ konflik antara politik dan birokrasi tidak selalu berasal dari politik, bisa juga berasal dari birokrasi. Pertnership antara politik dan birokrasi akan menghasilkan kontrol publik, kapasitas politisi untuk merumuskan arah dan mengelola pengawasan dari kebijakan publik. Selain itu akan menghasilkan kemandirian professional, kapasitas professional dari birokrat dalam formulasi dan implementasi kebijakan publik. Para mahasiswa sangat antusias dalam mendengan pemaparan materi dan juga dalam memberikan pertanyaan, dalam sesi diskusi ada 4 orang penanya yakni 3 mahasiswa dari program studi Doktor Ilmu Administrasi dan 1 Mahasisawa dari program Studi Ilmu Administrasi Negara. (mk)

Previous

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *