Penandatanganan MoA Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undana dan BAWASLU Kabupaten Kupang

Jumat, 15 Juli 2022, bertempat di Fakultas Fisip Undana diadakan penandatanganan MoA antara Fisip Undana dan BAWASLU Kabupaten Kupang. Menurut salah satu anggota BAWASLU Adam Horison Bao, SH, Hampir semua BAWASLU di kabupaten sudah memasuki tahapan Pemilu 2024, oleh karena itu perlu adanya kerjasama dengan Fisip karena ada beberapa hal yang menjadi kendala, misalnya: tidak seimbangnya beban kerja dan SDM yang tersedia di BAWASLU. Oleh karena itu BAWASLU melihat bahwa SDM yang dibutuhkan ada pada Universitas, karena pengelolaan informasi dilapangan parlu dikelola dengan baik. Dalam tahapan evaluasi peradilan, mahasiswa Prodi Ilmu Negara, Ilmu Politik bisa membantu, sedangkan dalam bidang humas, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi. Beliau berharap ada pegawai dan juga mahasiswa dari Fisip yang dapat membantu dilapangan, karena kami berharap pemilu yang berintegritas, demokratis yang berbasis kampus dan desa.

Ketua BAWASLU Marthoni Reo, SH (kiri) dan Dekan Fisip Undana Dr. Melkisedek N. B. C. Neolaka, M.Si (kanan) menandatangani MoU diruang kerja Dekan Fisip, Jumat, (15 Juli 2022)

 

Dekan Fisip Dr. Melkisedek N. B. C. Neolaka, M.Si mengatakan terkait dengan semuanya itu perlu adanya pengawasan lebih lanjut. Adanya Kekurangan SDM pada BAWASLU, maka pemberdayaan mahasiswa magang bisa menjadi jalan keluarnya. Menurut Koordinator Prodi Ilmu Komunikasi Dr. Petrus Ana Andung, S.Sos., M.Si  bahwa dapat dilakukan join kurikulum antara prodi di Fisip dan BAWASLU dengan  menjadi dosen tamu di kampus. Juga penguatan Kapasitas BAWASLU dalam pemahaman dan pelaporan data melalui handphone android dengan citizen jurnalizm. Menurut Koordinator Prodi Doktor Ilmu Administrasi bahwa MoA ini adalah salah satu kontribusi yang bisa dilakukan melalui SDM yang ada, kontribusi akademik dengan melibatkan mahasiswa bukan hanya teori dikampus saja tetapi juga di lapangan. Koordinator Prodi Ilmu Politik Ezra D. N. A. Benu, S.Sos., MA mengharapkan jika kami mengirimkan mahasiswa magang maka perlu disediakan suatu program bagi mahasiswa secara akademik, sehingga ada yang dihasilkan ketika mereka berada di tengah-tengah masyarakat, BAWASLU, juga saat mereka kembali ke lembaga. Fisip menyambut baik kerjasama ini, dan berharap SDM yang ada pada lembaga dapat bermanfaat, baik di masyarakat, BAWASLU dan juga lembaga ini. (mk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.